Senin, 11 November 2013

Komplain Tagihan Kartu Kredit BCA

Saya telah menjadi nasabah kartu kredit BCA sejak 2007 dengan nomor customer 11885684 dan sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan kartu kredit saya. Namun sudah 2 bulan terakhir ini (Mei 2010 dan Juni 2010) saya menerima tagihan atas kecerobohan BCA yang dibebankan kepada saya.

Hal ini bermula pada awal bulan Mei 2010, BCA mengirimkan kartu kredit BCA gold yang disebut oleh BCA sebagai upgrade atas kartu kredit BCA silver saya, tanpa sebelumnya mengkonfirmasikan kepada saya atas upgrade kartu tersebut.

Dikarenakan sebelumnya saya tidak pernah meminta upgrade kartu kepada BCA dan dari pihak BCA juga tidak pernah sekalipun menghubungi saya untuk meminta persetujuan atas upgrade kartu tersebut, maka kartu tersebut saya abaikan dan tidak pernah saya aktifkan.


Namun alangkah terkejutnya saya ketika pada tanggal 15 Mei 2010, BCA mengirimkan tagihan atas biaya tahunan kartu gold (sebesar Rp.125.000,-). Bagaimana mungkin saya dibebankan tagihan atas kartu yang tidak pernah saya minta untuk di upgrade, tidak pernah dikonfirmasikan kepada saya sebelumya dan tidak pernah saya aktifkan? Pada hari yang sama saya menghubungi halo BCA dengan nomor pengaduan 10801332 (oleh Sdr. Iwan) untuk menyatakan penolakan saya atas kartu kredit gold tersebut dan minta agar kartu kredit bca gold tersebut ditarik kembali oleh BCA dan saya dapat tetap kembali menggunakan kartu kredit bca silver yang saat ini saya pegang.

Tanggal 20/05/2010 kembali saya menghubungi halo BCA (dengan Sri Ribka – nomor pengaduan 10801343) untuk menanyakan status pengaduan saya sebelumnya (Sri Ribka dinyatakan bahwa kartu kredit bca gold telah dibatalkan dan dikonfirmasikan bahwa saya dapat kembali menggunakan kartu kredit bca silver yang selama ini saya pegang, namun dikatakan annual fee belum dikoreksi oleh BCA. Oleh Sdri Ribka saya diminta untuk menghubungi kembali BCA setelah 2-3 hari.

Tanggal 24/05/2010 saya menghubungi halo BCA kembali (dengan Sdr Arai – nomor pengaduan 10854496) untuk menanyakan status pengaduan penghapusan annual fee kartu kredit bca gold yang tidak pernah saya minta untuk diterbitkan dan juga tidak pernah saya aktifkan, sekaligus menukarkan sebagian poin reward saya untuk pembayaran annual fee kartu silver BCA saya. Informasi yang diberikan oleh Sdr Arai bahwa koreksi tagihan belum dilakukan oleh BCA dan berhubung jatuh tempo pembayaran kartu adalah tgl. 25/05/10, Sdr. Arai meminta saya untuk membayar jumlah keseluruhan terlebih dahulu dan menjamin bahwa nantinya BCA akan mengkoreksi iuran tahunan kartu gold dalam bentuk pengembalian uang pada tagihan kartu kredit BCA di bulan Juni 2010. Karena jaminan dari BCA inilah akhirnya saya membayar penuh tagihan bulan Mei sebesar Rp. 1.408.465,- yang didalamnya termasuk iuran tahunan kartu kredit BCA gold sebesar Rp. 125.000,-. dengan keyakinan bahwa BCA akan mengembalikan uang Rp. 125.000,- kepada saya di bulan Juni 2010.

Tanggal 11/06/2010 saya menerima tagihan kartu kredit BCA silver saya. Namun setelah saya cek, ternyata BCA hanya mengembalikan uang saya sebesar Rp. 50.000,- (bukan Rp. 125.000,- seperti janji yang diberikan sebelumnya). Bukan hanya itu, saya juga kembali ditagihkan iuran tahunan kartu kredit BCA silver saya, padahal sudah saya minta agar poin reward ditukarkan dengan iuran tahunan kartu kredit BCA silver saya (jumlah poin reward yang dibutuhkan untuk ditukar dengan iuran tahunan kartu kredit BCA gold adalah sebesar 75.000 poin – sementara poin reward saya sampai dengan May 2010 adalah sebesar 137.653 point – yang notabene melebihi persyaratan yang diminta). Lalu pada tanggal yang sama untuk kesekian kalinya saya menghubungi halo BCA (dengan sdr. Abdul – nomor pengaduan 10981965) dan sampai dengan saat ini belum ada penyelesaian dari pihak BCA.

Terus terang saya sudah lelah dan bosan berulangkali menghubungi halo BCA tanpa ada kejelasan mengenai status permasalahan ini, rasanya hanya menghabiskan waktu, energy dan pulsa telephone saja. Sebagai salah satu bank ternama di Indonesia, saya mengharapkan adanya itikad baik dari BCA untuk segera menyelesaikan permasalahan ini. Namun sekiranya tidak juga ada tanggapan dan solusi yang baik dari BCA dalam 1-2 hari ini, maka dengan senang hati saya akan menutup kartu kredit BCA silver saya dan hanya akan melunasi pembayaran sebesar nilai pemakaian yang saya gunakan dikurangi dengan iuran tahunan kartu kredit BCA gold yang sudah terlanjur saya bayarkan karena dijanjikan untuk dikembalikan dan dikurangi iuran tahunan kartu kredit BCA silver yang semestinya sudah dibayarkan dengan penukaran poin rewards.

Terima kasih saya ucapkan kepada Okezone.com atas dimuatnya surat pengaduan saya ini.



Salam,

Kiki Rizki/ nasabah kartu kredit BCA silver no. 11885684

Ph. 0856-127-4199


Sumber : http://myzone.okezone.com/content/read/2010/06/15/2404/